Tugas 2 Softskill individu
E-commerce
1.
Sebutkan
beberapa E-commerce minimal 3,contoh!
1.
Belanja Online
Membeli dan menjual barang di Internet adalah salah satu contoh paling populer dari e-commerce. Penjual membuat etalase produk di internet layaknya outlet ritel. Pembeli dapat mencari dan membeli produk dengan klik mouse. Contoh populer untuk tempat belanja secara online adalah Amazon.com.
Membeli dan menjual barang di Internet adalah salah satu contoh paling populer dari e-commerce. Penjual membuat etalase produk di internet layaknya outlet ritel. Pembeli dapat mencari dan membeli produk dengan klik mouse. Contoh populer untuk tempat belanja secara online adalah Amazon.com.
2.
Pembayaran Elektronik
Ketika kita membeli barang secara online, perlu ada mekanisme untuk membayar online juga, yang mana melakukan pembayaran cukup dengan mengetikkan sederetan angka dan kode serta klik mouse yang dilakukan pada komputer yang online
Pembayaran elektronik adalah cara yang efisien dikarenakan tidak lagi memerlukan proses menulis dan mengirimkan cek atau tagihan. Pembayaran secara online juga menutupi celah keamanan yang timbul pada sitem pembayaran yang dilakukan dalam mata uang kertas.
Ketika kita membeli barang secara online, perlu ada mekanisme untuk membayar online juga, yang mana melakukan pembayaran cukup dengan mengetikkan sederetan angka dan kode serta klik mouse yang dilakukan pada komputer yang online
Pembayaran elektronik adalah cara yang efisien dikarenakan tidak lagi memerlukan proses menulis dan mengirimkan cek atau tagihan. Pembayaran secara online juga menutupi celah keamanan yang timbul pada sitem pembayaran yang dilakukan dalam mata uang kertas.
3.
Lelang online.
Situs lelang online terkenal adalah eBay. Lelang fisik telah lama populer mendahului lelang online, tetapi Internet membuat lelang bisa diakses oleh sejumlah besar pembeli dan penjual. Pelelangan online merupakan mekanisme yang efisien untuk penemuan harga. Banyak pembeli online lebih tertarik dengan mekanisme lelang daripada belanja di toko biasa.
Situs lelang online terkenal adalah eBay. Lelang fisik telah lama populer mendahului lelang online, tetapi Internet membuat lelang bisa diakses oleh sejumlah besar pembeli dan penjual. Pelelangan online merupakan mekanisme yang efisien untuk penemuan harga. Banyak pembeli online lebih tertarik dengan mekanisme lelang daripada belanja di toko biasa.
2. Manfaatnya!
Cara efisien
dalam bertransaksi dikarenakan meniadakan batasan wilayah geografis dan batasan
waktu, artinya transaksi ecommerce bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja
selama dapat terhubung secara online. Dalam proses ini, e-commerce biasanya
mempermudah operasional dan menurunkan biaya.
Dengan
melalui internet tentunya banyak manfaat yang dapat diambil dari e-commerce,
yaitu:
1.
Jangkauan perdagangan lebih luas (dunia),
tanpa batas-batas wilyah dan waktu.
2.
Penghematan sumber daya.
3.
Availabilitas : Buka 24 jam sehari, 7 hari
seminggu. Tidak mengenal hari libur dan hari besar.
4.
Skalabilitas : Dapat diperluas atau
diperbanyak item barang tanpa batasan.
5.
Konsumen memperoleh informasi yang beragam
dan mendetail (bussiness to customer e-commerce).
6.
Disintermediation, proses meniadakan calo dan
pedagang perantara.
3.
Kendala
pada E-commerce
-
Isu Security
-
Ketidaksesuaian jenis dan kualitas barang
yang dijanjikan
-
Ketidaktepatan waktu pengiriman barang.
-
Faktor keamanan transaksi seperti keamanan
metode pembayaran merupakan salah satu hal urgen bagi konsumen. Masalah ini
penting sekali diperhatikan karena terbukti mulai bermunculan kasus-kasus dalam
e-commerce yang berkaitan dengan keamanan transaksi, mulai dari
pembajakan kartu kredit, stock exchange fraud, banking fraud, hak
atas kekayaan intelektual, akses illegal ke sistem informasi (hacking)
perusakan website sampai dengan pencurian data.
4.
Jalan menuju E-commerce
Rencana bisnis strategis akan membakukan komitmen untuk
menggunakan ecommerce guna meraih keunggulan kompetitif. Perusahaan
pertama-tama harus memperoleh kecerdasan bisnis (business inteligensi)
sehingga perusahaan tersebut akan dapat memahami peranan potensial yang akan
dimainkan oleh masing-masing unsur lingkungan.
Daftar Pusataka:
-
Google.co.id
-
lutvianty.student.ung.ac.id/files/2011/05/TUGAS-3-BAB-3.pdf
Tidak ada komentar:
Posting Komentar